Minggu, 28 Juni 2009

Sejarah Geografi

Pada awal mulanya Departemen Geografi didirikan untuk mendukung kepentingan militer, yakni sekitar tahun 1950-an. Melalui sebuah Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Pendidi-kan Tinggi Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan nomor 79 tanggal 8 Oktober 1966, Departemen Geografi secara resmi diakui keberadaannya. Pada Surat Keputusan tersebut, dinyatakan bahwa Departemen Geografi berada di bawah Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Pengetahuan Alam (kini Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) pada Universitas Indonesia. pada saat itu, program studi yang dibuka hanya diperuntukan bagi pendidikan Program Sarjana.
Pada tahun 1996 Departemen Geografi mulai merancang pendirian Program Magister bidang Ilmu Geo-grafi. Pertemuan pertama yang bersifat internal kemudian diikuti oleh beberapa pertemuan lanjutan yang melibatkan pakar dari berbagai lembaga. Pertemuan di koordinir oleh peer group yang dike-tuai oleh Prof. Dr. I Made Sandy.
Pada bulan Mei 1998, Departemen Pendidikan dan Kebuadayaan menerbitkan Surat keputusan tentang pembentukan Program Magister bidang Ilmu Geografi, yang selanjutnya disebut sebagai Program magister Program Studi Ilmu Geografi. Mulai bulan Juli 1998, Program Magister ini me-mulai kelas pertamanya.
Hingga akhir tahun 1999, Program Sarjana Geografi telah berhsil meluluskan 597 mahasiswa. Para lulusan bekerja baik sebagai pegawai pemerintah maupun swasta yang berhubungan dengan penge-tahuan kegeografian seperti konsultan perencanaan kota dan wilayah, konsultan lingkungan, peng-kajian kependudukan, pellayanan Sistem Informasi Geografis dan Pengideraan Jauh, serta banyak lagi. Pada lima tahun terakhir, Departemen Geografi telah mengembangkan kegiatan penelitian yang di koordinir oleh Pusat Penelitian Geografi Terapan (PPGT) atau Center for Applied Geografi Research. Pusat ini telah berhasil menyelenggarakan beberapa penelitian, pelatihan dan pelayanan dalam berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut diselenggarakan melalui kerjasama dengan badan pe-merintahan, perusahaan swasta dan juga beberapa lembaga internasional seperti World Wildlife Fund dan Canada Center for Remote Sensing.

KETUA DEPARTEMEN GEOGRAFI : DRA. WIDYAWATI, MSP
SEKRETARIS DEPARTEMEN GEOGRAFI : DRS. SUPRIATNA, MT


BIDANG STUDI
________________________________________ FIELD OF STUDY


Secara umum, pendidikan geografi dapat disampaikan melalui pendekatan regional dan topikal. Bi-dang kajian dengan pendekatan tersebut di atas dapat ditinjau dari segi Geografi Fisik maupun dari Geografi Manusia. Walaupun pendidikan geografi yakin bahwa lingkungan sosial maupun lingkungan fisik sama perannya dalam membentuk struktur permukaan bumi, sebagai bagian dari Fakultas Ma-tematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Geografi Fisik menjadi keutamaan dalam pendidikan di Juru-san Geografi. Namun demikian, Geografi Fisik mendapat penekanan utama, Departemen tetap mendorong pengembangan Geografi Sosial maupun Geografi Regional, baik dalam bentuk pene-litian maupun pengembangan kurikulum.
Selain pengkajian secara topikal dan secara regional, Departemen juga mendorong mahasiswa dan para pengajar untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya dalam berbagai pengeta-huan teknik kegeografian, seperti Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh melalui kegiatan praktek dan penelitian. Kegiatan praktek dan penelitian ini dapat dilakukan di laboratorium yang ada di Departemen atau bekerjasama dengan institusi lain. Departemen Geografi yakin bahwa dengan kemampuannya yang memadai, para lulusan lebih mudah bersaing dalam pasar kerja. Selain kegiatan pendidikan langsung kepada para mahasiswa, Departemen Geografi juga memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui berbagai pelatihan Sistem Informasi Geografis dan Pengin-deraan Jauh. Kegiatan ini dilakukan melalui kerjasama antar instansi maupun secara langsung kepada individu.


KURIKULUM
________________________________________ CURRICULUM

Program Sarjana
________________________________________ Undergraduate Program in Geografi
Mata kuliah yang ditawarkan pada Program Studi Geografi pada tingkat Sarjana dapat dikelom-pokkan menjadi empat, seperti yang dipaparkan di bawah ini:
a. Mata Kuliah Umum : Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Ilmu Sosial Dasar, Kewiraan, Pancasila, Agama; 12 SKS 8.3 %
b. Mata Kuliah Dasar Keahlian : Fisika Dasar I & II & Praktikum, Ki-mia Dasar I & II, Matematika Dasar I & II, Biologi, Ekologi dan Ilmu Ling-kungan, Kartografi Dasar & Praktikum & Lanjutan, Pengantar Komputer, Pengantar Geografi, Geologi, Meteorologi dan Klimatologi, Hidrologi Dasar, Geomorfologi Dasar, Penginderaan Jauh, Statistik, Handasah & Praktikum, Geografi Penduduk. 49 SKS 34.0 %
c. Mata Kuliah Keahlian : Sistem Informasi Geografi I & II, Oseanografi, Metode Kuantitatif Geografi, Klimatologi Regional Indonesia,Geomorfologi Regional Indonesia, Geografi Kota, Hidrometeorologi, Kerja Lapang I & II, Metode Penelitian Geografi, PembangunanWilayah, Geohidrologi, Pemba-ngunan Wilayah dan Kota, Geologi Regional Indonesia, Erosi dan Konser-vasi Lahan, Geografi Ekonomi, Evaluasi Sumberdaya Lahan, Interpretasi Foto Udara, Geografi Regional Indonesia, Geografi Transportasi, Seminar, Tugas Akhir; 58 SKS 40.0 %
d. Mata Kuliah Pilihan : Demografi, Mineralogi dan Petrografi,Sosiologi, Sejarah Indonesia, Manajemen, Geografi Regional Asia,Geografi Regional Australia, Geografi Regional Amerika, Biogeografi, Geografi Sumber Daya Alam, Geografi Kesehatan, Geografi Industri, Geografi Tanah, Interpretasi Citra Digital. 58 SKS 17.7 %
TOTAL 144 SKS 100 %




FASILITAS
________________________________________ FACILITIES
DEPARTEMEN
Laboratorium
________________________________________ Laboratories
Laboratorium yang terdapat di Departemen Geografi FMIPA-UI, ditujukan untuk peningkatan pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pelayanan. Tidak hanya diperuntukkan untuk mahasiswa geografi, tetapi juga kalangan mahasiswa lain dan umum. Laboratorium tersebut, yaitu:
No. Nama Laboratorium Peralatan
1 Geografi Fisik (Geologi, Geomorfologi, Hidrologi can Geografi Tanah) Kompas Geologi, Curvimeter, Bor Tanah, Musell Chart, Soil Testing, pH meter
2 Geografi Sosial Jurnal can buku-buku hasil penelitian
3 Pengkajian Wilayah Jurnal can buku-buku hasil penelitian
4 Kartografi Software Digital Kartografi, meja gambar, pantograph
5 Fotogrametri & foto udara Stereoskop saku, alat cub foto udara, stereoskop cermin, stereoskop elektrik, digital fotogrametri, AMH & Stereoplotter, foto udara berbagai lokasi dan skala
6 Terestrial Teodolit, Digital Teodolit, Autolevel, dan GPS
7 Penginderaan Jauh Software PCI
8 Sistem Informasi Geografi Meja Digitizer, Plotter, Software Arclnfo dan ArcView
9 Laboratorium Lapang Ruang Pamer Geografi Fisik


Perpustakaan
________________________________________ Library
o Perpustakaan buku, terdiri dari 1.534 buku, terdiri dari buku teks, jurnal dan ilmiah yang dihimpun dalam ruangan yang representatif (54 m2), dikunjungi sedikitnya 50 orang mahasiswa S1 dan S2 setiap hari.
o Perpustakaan peta, terdiri dan peta hardcopy dan digital, baik peta topografi maupun peta tema-tik.

Laboratorium Lapang
________________________________________ Field Laboratory
Hingga saat ini, Departemen Geografi telah mengembangkan dua laboratorium lapang di Propinsi Jawa Barat. Kedua laboratorium lapang tersebut dikembangkan untuk mendukung kegiatan kerja lapang mahasiswa dalam mengenali, memahami, serta menganalisis berbagai gejala keruangan baik gejala fisik dan sosial. Laboratorium lapangyang pertama dikembangkan di wilayah Pelabuhanratu-Cimandiri, di Sukabumi bagian selatan. Laboratorium tersebut telah diresmikan. berdasarkan kesepakatan antara Bupati Kepala DT II Sukabumi dan Ketua Departemen Geografi FMIPA-UI, pada tanggal 13 Mei 2000, di Pendopo Kabupaten Sukabumi. Sedangkan satu laboratorium lainnya terdapat di kaki Gunung Tampomas, Kabupaten Sumedang, dengan variasi bentang alam yang menarik dan beraneka ragam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar